SUDAH SEMINGGU SERANG PERSAWAHAN
Petani dan Petugas TPH Goro Berantas Keong Emas
Jumat, 12 April 2013 - 09:59:42 WIB
Pegawai Dinas TPH Rohul dan warga goro memungut hama Keong mas di persawahan warga di Dusun Suka Makmur, Desa Rambah Baru, Kecamatan Rambah Samo, Rohul, Kamis (11/4/2013) pagi. Foto: Feri Hendrawan
TERKAIT:
RAMBAH SAMO-Hama Keong Mas masih menjadi momok bagi petani di Dusun Suka Makmur Desa Rambah Baru Kecamatan Rambah Samo. Padi muda di persawahan warga dilahap hama ini seluas puluhan hektar. Maka Dinas Tanaman Pangan dan Holtikultura (TPH) Rohul bergotong-royong (goro) dengan petani memungut Keong Mas dari batang padi muda, Kamis (11/4/2013).

Dari pengakuan Ketua Kelompok Tani Suka Makmur Desa Rambah Baru disela-sela ikut meungut Keong Mas, Widiarosno, lahan pertanian di dusunnya sekitar 42,5 hektar milik 52 Kepala Keluarga (KK) yang diserang hama ini. Hama ini sudah seminggu lebih menyerang padi berumur muda.

Agar populasi hama ini tidak meningkat, para petani meminta bantuan Dinas TPH Rohul serta masyarakat, agar ikut memungut dan memusnahkan hama keong mas mulai telur, anak keong, sampai keong dewasa. Usai dipungut dari lahan persawahan, seluruh keong emas yang terkumpul dijemur di bawah diterik matahari, sehingga keong tersebut mati.

Kepala Dinas TPH Rohul, Sri Hardono melalui Kasi Perlindungan Tanaman Azwar, mengatakan, pembasmian hama keong mas di Rambah Samo sebagai langkah persiapan dinasnya menyambut Perayaan Daerah Kelompok Tani Nelayan Andalan (Peda-KTNA) se-Riau di Desa Rambah Baru, Juni mendatang.

Kata Azwar, alternatif musnahkan keong emas sebenarnya bisa menggunakan pestisida, tapi karena usia padi masih berusia antara 15-21 hari, penggunaan pestisida dikhawatirkan mempengaruhi tanaman padi muda. (Feri Hendrawan/MRNetwork)

0 komentar:

Posting Komentar

Related Post