NASKAH SOAL DAN LJUN TERLAMBAT
UN SMA Sederajat di Riau Terancam Diundur
Jumat, 12 April 2013 - 11:19:16 WIB
PEKANBARU - Hingga H-5 jelang UN Ujian Nasional (UN) 2013 yang digelar tanggal 15 April mendatang, logistik UN yakni naskah soal dan Lembar Jawaban UN (LJUN) belum tiba juga di Riau, hingga Kamis (11/42013). Akibatnya, UN jenjang SMA/MA/SMK di Provinsi Riau terancam diundur.

"Jika hingga H-4 atau Sabtu (13/4/2013), naskah soal dan LJUN belum sampai ke Riau, maka Dinas Pendidikan Riau tak sanggup mendistribusikan logistik tersebut ke kabupaten/kota tepat waktu. Terutama bagi daerah sulit terjangkau yang masuk dalam remote area seperti Kepulauan Meranti, Bengkalis, Rokan Hilir maupun Indragiri Hilir. Kawasan kabupaten itu harus melalui jalur laut dan berpulau-pulau," ujar Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Riau, HM Wardan, Kamis (11/4/2013).

Menurut Wardan, pihaknya sudah berupaya mempertanyakan keterlambatan pengiriman naskah soal dan LJUN tersebut, baik ke Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) maupun percetakan di Ciawi, Jawa Barat. Namun jawaban yang jelas tidak diberikan oleh kedua pihak tersebut.

"Hingga kini, saya tidak tahu apa yang menjadi alasan sampai terjadi keterlambatan tersebut. Tim yang kita utus ke percetakkan malah tidak diperbolehkan masuk dan tidak mengetahui apa penyebab keterlambatan tersebut," ungkap Wardan dengan nada kesal.

Wardan menjelaskan, kondisi ini tidak hanya terjadi di Riau saja, namun juga dialami oleh provinsi lain di wilayah Sumatera yang cetaknya ditanggungjawabi oleh percetakkan di Ciawi tersebut, seperti Jambi, Sumatera Barat, Sumatera Utara dan Aceh. Disdik Riau berharap logistik UN yang dibawa dengan mobil tronton tersebut sudah sampai di Riau pada Jumat (12/4/2013) ini. (Vivi Eliyati/MRNetwork)

0 komentar:

Posting Komentar

Related Post